Dampak kenaikan BBM bagi mahasiswa ekonomi lemah

2 8 M a y 0 8

Minyak mentah dunia mencapai $132 per barel, sedangkan APBN negara Indonesia untuk subsidi minyak hanya sampai $99 per barel, pemerintah cukup kewalahan, akhirnya tanggal 24 mei 2008 pukul 00:00, BBM di Indoesia naik dengan prosentasi kenaikan 28%. Hal ini yang menyebabkan kondisi cukup signifikan bagi semua lapisan masyarakat membuat gigit jari dalam kenaikan BBM ini.

Dampak kenaikan cukup menyita perhatian, khususnya masyarakat lapisan lemah, banyak diantaranya memiliki anak yang sedang meniti pendidikan di dunia perkuliahan. mereka sangat merasakan dampak kenaikan ini, cost untuk kegiatan kuliah anak mereka meningkat, sedangkan penghasilan tak ada tambahan, bisa-bisa dapur tidak mengepul asap gara-gara naiknya cost barang, jasa dan sebagainya. Jika dapur harus terpenuhi maka satu-satu jalan adalah menyiasati cost yang membengkak dengan mengurangi cost kuliah anak.

Namun disisi pola pikir mahasiswa, dengan tidak dinaikan fulus sehari-hari, membuat mereka cukup pusing juga untuk menutup kekurangan dana dalam kegiatan perkuliahan. Oleh sebab itu harus disiasati dengan mencari uang tambahan, dengan menjadi Asisten Lab, Freelance, mencari beasiswa atau lainnya.

Dengan begitu, dapur dapat ngebul truz, kebutuhan pangan terpenuhi, kuliah lancar n ga terganggu.

Comments

Gravatar
Tri(firaz)28May08

wuih kenaikan BBM mang bikin lieyr euy,,

ongkos naik, segala2 naik, waduh uang saku tetep datar…..
gaji bokap ga naik tangga mulu,

ahh minggu depan dah mulai UAS, potocopy seabrek-abrek dech,,,,

gw cinta tanah air Indonesia,, tapi kok kemiskianan masih ada malah ningkat lagi,,,, apa jadi kewarganegaraan Germain kaya sodara gw,,,, yang sukses disono???? pusing dah….mikirinnya..

Gravatar
AryoSH28May08

Setuju gak setuju, yang penting demi kebaikan semua orang walau berat tapi harus dijalani, bukan berarti gw mendukung pemerintah ato bukan, gw sih intinya liat manfaatnya bukan mudaratnya…..

Gravatar
antsheaven28May08

jadi apa dampak kenaikan BBM bagi mahasiswa ekonomi lemah? cari uang tambahan, meskipun BBM tidak naik, bukannya sudah biasa?

Leave a Comment


This will not be published